Kucing Maine Coon merupakan salah satu jenis  kucing yang banyak dipelihara oleh banyak sekali kalangan mulai dari artis dan bahkan bangsawan.


Kucing yang mempunyai tubuh besar ini memang mempunyai aura yang lucu serta menggemaskan, sehingga beberapa orang menyebutnya dengan kucing raksasa.


Ukuran berat badannya sanggup mencapai belasan kilogram dan panjang sanggup hingga 1,5 meter.


Lalu apakah hanya itu saja?


Supaya kau mengetahui lebih lanjut mengenai kucing Maine Coon ini kami akan memperlihatkan isu mengenai kucing Maine Coon terlengkap



 



Sejarah Kucing Maine Coon


Kucing Maine Coon merupakan salah satu jenisĀ  kucing yang banyak dipelihara oleh banyak sekali  Kucing Maine Coon


foto oleh @marigard


Asal-usul kucing Maine Coon ini belum diketahui secara pasti. Namun, yang niscaya kucing jenis ini masih satu keluarga dengan ras kucing anggora dan Norwegian Forest.


Konon kucing ini merupakan hasil persilangan genetika antara kucing lokal dengan luar berbulu panjang. Selain itu juga masih keturunan kucing milik Ratu Perancis, Marie Antoinette dengan ciri fisik bulu yang sangat lebat.


Kucing tersebut konon dikirim ke Wiscasse, Maine dikala pecahnya Revolusi Perancis sebelum hasilnya Marie melarikan diri. Seiring dengan berjalannya waktu, kucing jenis ini menyebar di beberapa negara di belahan dunia.


Seperti halnya pada tahun 1895 terdapat Maine Coon betina berwarna krem mengikuti dan memenangi kontes kucing di Madison Square Garden, New York.


Ada pula yang menyampaikan bahwa Maine Coon dibawa berlayar oleh bangsa Viking menuju banua Amerika Utara, lebih khusus lagi Amerika Serikat. Hal itu terjadi sebelum adanya pelayaran yang dilakukan oleh Columbus.


Kemudian semakin banyak peternak dan pecinta kucing yang mulai berbagi kucing ras ini semenjak tahun 1950. Hal itu kemudian mendorong peternak untuk membentuk organisasi khusus kucing ini.


Tepatnya pada tahun 1968 mereka membentuk Maine Coon Breeders and Fanciers Assocation, dimana tujuannya untuk memelihara serta mengembangbiakkan kucing ras Maine Coon.




 


Jenis Kucing Maine Coon


Kucing Maine Coon merupakan salah satu jenisĀ  kucing yang banyak dipelihara oleh banyak sekali  Kucing Maine Coon
foto oleh @lepale


Selain ukurannya yang raksasa, kucing Maine Coon dikenal sebagai kucing rumahan yang sangat dekat dengan manusia. Karena itulah ia juga lebih gampang dekat serta berinteraksi dengan manusia, khususnya pemeliharanya.


Beberapa orang juga menganggap bahwa kucing ras ini lebih suka mencari perhatian dari manusia.


Meskipun demikian, ia tidak mirip kucing pada umumnya yang suka meloncat ke sana sini, terlebih di daerah tinggi.


Maine Coon justru takut dengan ketinggian, namun tidak takut air dan bahkan sanggup berenang di perairan.


Selain itu, kucing ras ini ternyata mewarisi sifat polydactyl, dimana ia mempunyai enam jari setiap kaki. Bagi beberapa orang ciri khas tersebut sanggup menjadi suatu hal yang unik dan menggemaskan.


Namun, sebagian hambar akan keunikan tersebut dan bahkan ada yang tidak menyukainya.




 


Ciri-ciri Kucing Maine Coon


Berikut isu lengkap mengenai ciri-ciri kucing maine coon beserta sifat kucingnya


1. Tubuh yang gampang beradaptasi


Kamu niscaya tahu bukan bahwa di Amerika sana mempunyai iklim yang sanggup dibilang ekstrim. Nah dengan iklim tersebut, semua anggota tubuh si kucing ini beradaptasi.


Bulu yang mengkilap, tebal dan bahkan anti air! Bulu di belahan leher, perut dan kaki yang tebal berfungsi untuk melindungi tubuh dari salju dan suhu dingin.


Ekor kucing ini juga panjang dan bulunya tebal, niscaya ia akan merasa sangat hangat dikala tidur dengan melingkarkan tubuhnya.


 


2. Tubuh yang besar dan panjang


Kucing ini cukup tinggi, berotot dan tulangnya besar. Pejantan Maine Coon umumnya punya berat tubuh kisaran 6 – 9 Kg dan panjang badan mencapai 1m, kemudian untuk betinanya biasanya lebih kecil dengan berat tubuh 4 – 6 Kg.


Spesialnya, dengan embel-embel bulu ekspresi dominan dingin sekitar 7cm menciptakan Maine Coon ini terlihat lebih besar dan panjang bahkan pernah tercatat ada yang pernah mencapai panjang tubuh sekitar 121 cm (dihitung dari ujung kepala hingga ekor).


Seperti ras kucing besar lainnya meskipun mempunyai tubuh yang bisa dibilang besar dan panjang, pertumbuhan dan perkembangan kucing Maine Coon lambat lho. Ini dibuktikan dengan bentuk tubuh remaja baru bisa dicapai pada umur 3 – 5 tahun.



Baca juga : Ciri-ciri Kucing Anggora yang Asli.



 


3. Bentuk kepala yang unik


Ciri fisik – Ciri fisik utama yang dimiliki kucing Maine Coon ini tedapat pada kepala, bentuk badan, tekstur bulu dan bulu di sekitar leher yang ibarat singa. Lihat saja gambar di bawah ini :


Kucing Maine Coon merupakan salah satu jenisĀ  kucing yang banyak dipelihara oleh banyak sekali  Kucing Maine Coon
Ciri khas kepala kucing Maine Coon. gambar : purrfectcatbreeds.com


Bagian kepala si kucing ini mempunyai telinga yang besar kemudian lancip pada belahan ujungnnya dan diselimuti bulu lebat, kepalanya mempuyai ukuran yang sedang dan lebar, dahinya sedikit melengkung dengan tulang pipi yang menonjol.


Matanya juga lebar dan sedikit oval, bisa terlihat lingkaran ketika matanya terbuka lebar.


Hidungnya pun lebar dan sedikit melengkung pada belahan ujung dengan dagu yang tajam menambah ciri-ciri yang hanya dimiliki pada si kucing Maine Coon ini.


Kemudian pada belahan leher yang berukuran sedang dan sedikit melengkung namun kuat. Panjang kakinya sedang dengan tulang dan otot yang kuat.


Coba liat model kalung kucing yang cocok untuk si kucing ini.


 


4. Mata yang indah


Kucing Maine Coon merupakan salah satu jenisĀ  kucing yang banyak dipelihara oleh banyak sekali  Kucing Maine Coon
mata kucing maine coon yang cantik. via : pinterest.com


Kucing maine coon mempunyai mata yang indah lho. Bentuk matanya oval dan terlihat besar nan manis juga sangat cocok dengan hidungnya. Pokoknya klop banget deh.


 


5. Ekor yang terlihat mirip kemoceng


Kucing Maine Coon merupakan salah satu jenisĀ  kucing yang banyak dipelihara oleh banyak sekali  Kucing Maine Coon
Bentuk ekor kucing Maine Coon mirip kemoceng. gambar : pinterest.com


Ekornya memanjang dan lebar pada belahan pangkal kemudian semakin menipis ke ujung dibalut dengan bulu yang lebat, ekornya juga ada yang menyampaikan mirip kemoceng (alat pembersih debu).


 


6. Warna-warni kucingnya


Salah satu dari sekian banyak keunikan si kucing ini ialah punya banyak variasi warna. Seperti yang sudah dikutip dalam wikipedia indonesia,  pola warna kucing Maine Coon :


tabby klasik atau makarel (cokelat + abu-abu), merah (coklat kejinggaan + krem), solid (putih/hitam/biru/merah), tortoiseshell (hitam + biru), dan silver (perak-hitam/perak-biru/perak-merah/perak-krem).


Baca juga artikel Kucing tiga warna atau kucing kembang telon.




 


Sifat Kucing Maine Coon


Kucing Maine Coon merupakan salah satu jenisĀ  kucing yang banyak dipelihara oleh banyak sekali  Kucing Maine Coon


Kucing Maine Coon merupakan kucing yang ramah dan bersahabat dengan manusia, semakin sering kamu belai kucing ini maka ikatan yang kamu jalin dengan si kucing akan semakin bagus dan ia akan lebih suka berada di sekitarmu.


Kucing ini sanggup dibilang mandiri, walaupun ia dibesarkan di rumahmu namun ia akan cepat beradaptasi di alam liar bahkan ia suka bermain air lho.


Kucing yang punya ciri khas yang unik dibandingkan dengan kucing yang lain ini memang bagus, namun masih kurang terkenal dibandingkan dengan kucing persia.


Kemudian sifat yang ramah dengan pemilik, mandiri dan suka bermain air ini juga menjadi perhitungan sendiri untuk mempunyai kucing Maine Coon sebagai rekomendasi kucing peliharaan untukmu!




 


Cara Merawat Kucing Maine Coon


Kucing Maine Coon merupakan salah satu jenisĀ  kucing yang banyak dipelihara oleh banyak sekali  Kucing Maine Coon
Kucing Maine Coon yang cantik. gambar : inspirationseek.com


Maine Coon tergolong kucing yang mempunyai bulu halus dan panjang. Karena itu kau harus merawatnya dengan baik dan benar mulai dari penyisiran bulu, memandikan, hingga proteksi makan serta minum. Hal itu sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik luar maupun dalam bagi kucing itu sendiri. Berikut ialah cara perawatannya:


1. Mandikan kucing sekali dalam dua hari


Artikel utama : jadwal dan cara memandikan kucing


Maine Coon merupakan jenis kucing yang tidak begitu menyukai air. Karena itu kau tidak harus memandikannya setiap hari dan cukup dua hari dengan shampoo khusus kucing.


Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi resiko kutuan, mengingat kucing ini mempunyai bulu yang panjang.


 


2. Bantu keringkan dan sisir bulu kucing


Setelah memandikannya, segera bantu kucing mengeringkan bulunya serta sisir secara hati-hati semoga tetap halus serta tampak indah kembali.


Tips menarik :


Cara Merawat Bulu Kucing


 


3. Beri masakan dan minuman yang bernutrisi tinggi


Artikel utama : Harga Makanan Kucing yang Terbaik


kamu sanggup memberinya masakan kaleng atau kering khusus binatang dengan catatan harus tetap mengandung nutrisi yang tinggi.


Secara umum Maine Coon juga membutuhkan masakan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, asam amino, dan mineral. Tentu saja dosis antara remaja dengan anakan berbeda.


 


4. Jaga kebersihan kandang


Kandang kucing yang higienis juga akan meringankan kau dalam perawatan lainnya, khususnya mandi. Sebab jikalau kandangkucing higienis tentu saja Maine Coon juga akan lebih nyaman dan tubuh tidak terlalu kotor. Selain itu juga tidak gampang terjangkit penyakit.




 


Harga Kucing Maine Coon


Kucing Maine Coon merupakan salah satu jenisĀ  kucing yang banyak dipelihara oleh banyak sekali  Kucing Maine Coon
foto oleh @Platus


Sebagai kucing terkenal dan berkelas tentu saja Maine Coon dibanderol dengan harga yang relatif mahal dan berkelas pula. Selain itu juga bervariatif sesuai dengan bentuk, ukuran serta usia, dan jenisnya yaitu mulai dari 7 jutaan hingga puluhan juta rupiah.


Harga yang demikian belum termasuk harga vaksin kucing dan lain sebagainya.


Tapi harga yang mahal biasanya keturunan yang belum adonan dan ada sertifikasinya


Kenyataanya kau sanggup mempunyai kucing maine coon meskipun yang sudah berdarah campuran. Dan banyak ditemui di indonesia kok.


Jadi bagi kau pecinta kucing hias atau terkenal tidak ada salahnya untuk mencoba memelihara Maine Coon, alasannya perawatannya yang relatif mudah. Hanya saja harganya yang terbilang tinggi dan berkelas sesuai dengan ukurannya.