Kucing Munchkin

Kucing munchkin merupakan salah satu ras kucing dengan ciri khas kaki pendek dikarenakan mutasi genetika secara alami.


Ras ini tergolong ras gres bagi para pencinta kucing, gres saja di kembangbiakan sekitar tahun 1980 di Amerika Serikat. Karena kaki pendeknya tersebut ras muchkin merupakan kucing terpendek di Dunia.


Kucing ras ini sering di silangkan dengan ras lain, sehingga menghasilkan kucing kaki pendek dengan ras baru.


Salah satunya yaitu ras skookum hasil persilangan munchkin dengan ras lapern, ras minskin dan bambino hasil persilangan dengan kucing sfinks serta beberapa ras kucing kaki pendek lainnya.


Kucing ras ini sangat praktis beradaptasi, cara duduknya menyerupai posisi duduk kelinci.


Berat kucing ini mencapai 3 – 4 kilogram untuk kucing betina lebih berat lagi.


Kaki belakang lebih panjang dari pada kaki depannya sehingga tampak membungkuk. Pada awalnya posisi kucing ras ini dianggap sebagai duduk masalah pada tulang belakang.


Namun, sesudah dilakukan cek kesehatan, tidak memperlihatkan kerusakan pada tulang belakang. Hasil rontgen memperlihatkan hasil yang baik-baik saja pada serpihan tulang belakangnya.


 



Karakteristik Kucing Munchkin


Karakterisik utama kucing ras ini yaitu kaki pendeknya, dikarenakan mutasi genetika secara alami bukan lantaran ulah tangan manusia. 


 merupakan salah satu ras kucing dengan ciri khas kaki pendek dikarenakan mutasi genetika  Kucing Munchkin


Kucing Munchkin Berkaki Pendek


Mutasi genetika pada kucing ras ini sama dengan mutasi genetika pada anjing kaki pendek, disebabkan oleh gen yang sama. Namun berbeda dengan anjing kaki pendek, pada kucing ras ini tidak terjadi kelainan pada tulang belakangnya.


Kucing ras ini mempunyai dua tipe bulu yaitu bulu panjang dan bulu pendek, lantaran banyak dikawinkan dengan ras lain sehingga menghasilkan ras gres kaki pendek yang lebih bervariasi.


Untuk ketika ini belum ada standar khusus untuk mendeskripsikan kucing ras ini secara tepat. Karena kucing ras ini masih dalam tahap pengembangan.


Sifat utama kucing ini sangat suka bermain, praktis menyesuaikan diri dengan lingkungan, kucing ras lain maupun dengan manusia.


Cara duduk kucing ini identik dengan duduknya kelinci, sehingga kucing ini banyak yang suka lantaran lucu dan praktis beradaptasi.


 


Sifat Kucing Munchkin


1. Praktis menyesuaikan diri dengan lingkungan


Sebagai kucing ras dari Amerika, tergolong salah satu jenis kucing ras yang praktis menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Selain itu juga praktis penyesuaian dengan binatang lain bahkan dengan manusia.


Sehingga kucing ras ini banyak dicari oleh penggemar kucing, terutama penggemar kucing kaki pendek.


 


2. Biasa dipakai untuk fashion show


Karena kucing ras ini identik dengan kaki pendek yang alami, sehingga menciptakan kucing ras ini tampak lucu dan imut.


Beberapa pencinta kucing sebelumnya ada yang beropini bahwa tulang punggungnya kucing terlihat menyerupai membungkuk, namun gotong royong membungkuknya bukan lantaran kelainan tulang melainkan lantaran panjang kaki depan dan belakangnya tidak sama.


 


3. Memiliki dua tipe bulu yaitu bulu panjang dan bulu pendek


 


 merupakan salah satu ras kucing dengan ciri khas kaki pendek dikarenakan mutasi genetika  Kucing Munchkin
Kucing Munchkin Bulu Panjang


4.Merupakan nenek moyang dari kucing ras kaki pendek yang terus mengalami perbaikan genetika


 


Harga Kucing Munchkin


Kucing ras munchkin mempunyai banyak penggemar, sehingga banyak yang berlomba – lomba untuk membeli kucing ras ini sekadar untuk dipelihara sebagai hobi atau untuk dipelihara kemudian di kembangbiakan dan dijual kembali ke pasaran.


Kucing ras ini dijual dengan harga yang cukup murah di Indonesia, penjualannya dengan umur dan kondisi yang berbeda sesuai dengan seruan pasar.


Di Indonesia dijual dengan harga sekitar Rp. 1.000.000 – Rp.7.000.000, harga jualnya tidak stabil lantaran kondisi seruan pasar yang naik turun akan memengaruhi harga jual di pasaran.



 merupakan salah satu ras kucing dengan ciri khas kaki pendek dikarenakan mutasi genetika  Kucing Munchkin
Anak Kucing Muchkin


Untuk harga kucing betina umur 3 bulan yaitu Rp. 6.500.000,-, harga kitten umur 2,5 bulan yaitu Rp. 5.000.000,-. Untuk kucing jantan usia 7 bulan harganya Rp 4.000.000,-, kucing ras munchkin napoleonu usia 2 tahun seharga Rp. 7.000.000, munchkin kitten seharga  Rp. 6.000.000 sedangkan untuk yang di silangkan dengan persia usia 8 bulan Rp.950.000,-.


 


Cara Merawat Kucing Munchkin


1. Menyiapkan segala keperluan hidup kucing


Yang perlu disiapkan yaitu makanan khusus kucing, tempat makan, tempat minum, baskom pasir, pasir, serokan pasir, shampo khusus kucing, baby oil dan kapan, multivitamin dan kandang.


Pastikan semua keperluan untuk hidupnya sudah tersedia dengan cukup sehingga kucingmu praktis dijinakkan.


 


2. Untuk perawatan anak kucing munchkin


membutuhkan jumlah gizi dua kali lipat lebih besar dari keperluan gizi kucing dewasa. Meski begitu kau tidak harus menawarkan makan yang banyak kepada kucingmu lantaran kebutuhan gizinya lebih tinggi.


Baru sesudah usianya mencapai 5 hingga 6 ahad diberikan makanan padat secara rutin 4 kali setiap hari.


 merupakan salah satu ras kucing dengan ciri khas kaki pendek dikarenakan mutasi genetika  Kucing Munchkin
Asupan Nutrisi pada anak Kucing Muchkin


Ketika usia kucing mencapai 8-10 bulan, latihlah kucingmu untuk makan makanan rumah menyerupai nasi dengan ikan dan susu. Untuk membiasakan kucing makan makanan rumah harus dilatih semenjak usia dini.


 


3. Makanan untuk kucing munchkin


yaitu makanan khusus tidak bisa digantikan dengan makanan anjing, lantaran dalam makanan anjing tidak mempunyai kandungan tourin yang bisa mencegah penyakit jantung dan penglihatan yang kabur.


 


4. Memandikan kucing munchkin


 merupakan salah satu ras kucing dengan ciri khas kaki pendek dikarenakan mutasi genetika  Kucing Munchkin
Rutin Memandikan Kucing Munchkin


Jangan lupa untuk memandikan kucingmu meskipun hanya satu bulan sekali, namun lebih baik jikalau setiap 2 ahad sekali. Karena jikalau munchkin berbulu panjang tidak sering dimandikan akan terlihat buruk dan kotor.


Ajaklah kucingmu jalan – jalan dan ajarkan hidup sehari – hari kepada kucingmu.


 


5. Jangan lupa juga untuk selalu cek kesehatan dan vaksinasi rutin


Hal ini supaya tidak terjadi penyakit berbahaya yang sanggup mengakibatkan kematian. Bersihkan gigi, pendengaran dan kuku supaya tidak menjadi sarang bagi basil dan kuman berbahaya.


 


Adopsi Kucing Munchkin


 merupakan salah satu ras kucing dengan ciri khas kaki pendek dikarenakan mutasi genetika  Kucing Munchkin
Adopsi Kucing Muchkin


 


Mengadopsi kucing yaitu momen yang Istimewa dalam hidup, jikalau kau mengadopsi kucing sebaiknya pribadi dua ekor.


Karena jikalau kau adopsi satu ekor saja, kucing tersebut akan kesepian dan praktis stres. Selain itu jikalau kau adopsi dua ekor sekaligus akan praktis dalam melatihnya.


Karena kucing berlatih wacana cara bertahan hidup melalui gerakan kucing lainnya.


Lalu bagaimana cara adopsinya?


kamu bisa pribadi tiba ke selter atau penjual kucing ras munchkin di daerahmu. harga adopsi berbeda – beda tergantung usia dan jenis kelamin kucing munchkin.


Untuk kitten harganya antara Rp.4.000.000 – Rp. 4.500.000,-, untuk kucing pintar balig cukup akal betina Rp.7.500.000,- untuk kucing ras munchkin yang sudah di silangkan dengan ras lain harganya berkisar antara Rp.1.000.000 – Rp.3.000.000,-.


Nah tadi seputar kucing berkaki kecil si lucu Munchkin, agar bermanfaat ya!



Post a Comment

0 Comments