Kucing Scottish Fold

Kucing scottish fold yaitu jenis kucing domestik yang ukurannya sedang dan mempunyai bentuk wajah yang sangat bulat. Jenis kucing ini mendapat namanya dari negara asalnya, arti kata fold yaitu terlipat, dilihat dari ciri fisik kucing ini yang mempunyai bentuk indera pendengaran yang terlipat ke dalam.


Socttish fold ini berasal dari negara Skotlandia dan mempunyai kucing scottish tersebut yaitu harapan para pecinta kucing, sebab kucing ini sangat lucu apalagi dengan bentuk wajahnya yang sangat bulat.


Keunikan pada bentuk wajah dan tubuhnya akan mengingatkan kita pada beruang atau burung hantu.


Kucing scottish tersebut memang sangat menggemaskan, tak heran bila banyak orang yang ingin memelihara kucing ras tersebut.



Sejarah Kucing Scottish Fold


Kucing scottish fold yaitu jenis kucing domestik yang ukurannya sedang dan mempunyai bentu Kucing Scottish Fold


Gambar Kucing Scottish Fold Lucu. via : catpedia.net


Sejarah kucing scottish fold diawali dengan seekor kucing jenis socttish yang berjulukan Susie, kucing ini bulunya berwarna putih dan mempunyai bentuk indera pendengaran yang terlipat.


Pada tahun 1961 silam Susie ditemukan di pertanian Perthshire Skotlandia. Saat ditemukan kucing berjulukan Susie tersebut sedang hamil, yang kemudian melahirkan bawah umur yang lucu dengan bentuk indera pendengaran terlipat.


Setelah itu salah satu anak Susie diadopsi oleh seseorang yang berjulukan Mary, yang merupakan tetangga si petani pemilik Susie.


Pada awalnya kucing ras ini disebut dengan Floopy ears, tetapi di tahun 1966 namanya menjelma scottish fold.


Masih di tahun 1966 Mary dan suaminya mendaftarkan scottish fold ke Governing Council Of The Cat Fancy (GCCF).


Mary dan suaminya tersebut mencoba mengembangkbiakkan kucing scottish dengan santunan spesialis genetik.


Kemudian lahirlah 76 ekor kucing ras scottish di mana 42 ekor diantaranya mempunyai bentuk indera pendengaran yang melipat.


Sedangkan sisanya mempunyai bentuk indera pendengaran yang meruncing, dengan demikian terbukti bahwa kucing scottish tersebut mempunyai mayoritas gen indera pendengaran berlipat.


Tetapi sayangnya di tahun 1971 GCCF menghapus kucing ras scottish dari daftar, dengan alasan kucing ini belum mempunyai gen yang stabil.


Kemudian kucing scottish diekspor ke Amerika Serikat untuk dikembangbiakan lebih lanjut di sana. Kucing ini disilangkan dengan kucing ras bulu pendek sehingga ia mempunyai gen yang stabil.


Ciri-ciri Kucing Scottish Fold


1. Mulai dari kepalanya


Kucing scottish fold yaitu jenis kucing domestik yang ukurannya sedang dan mempunyai bentu Kucing Scottish Fold
Bentuk Kepala si Kucing Scottish Fold. via : pixabay


Untuk mengenali kucing scottish fold ini cukup mudah. Bentuk kepala kucing ini lingkaran lucu, dan telinganya terlipat ke bawah. Makara makin bunder. Pipinya dapat terbilang kokoh.


Kalau ngomongin matanya, cukup menarik. Kalau kita lihat matanya terbuka lebar dan besar.


2. Leher pendek


Coba kau perhatikan gambar pada nomer 1, terlihat kalau ciri-ciri kucing scottish fold yang orisinil ialah mempunyai leher yang pendek.


3. Bulu kucing scottish fold


Kucing scottish fold yaitu jenis kucing domestik yang ukurannya sedang dan mempunyai bentu Kucing Scottish Fold
Pola dan Warna Bulu Kucing Scottish Fold Secara Umum. via : https://www.pets4homes.co.uk/


Tergantung jenisnya. Ada kucing scottish fold bulunya sedang dan tidak lebat banget. Cukup untuk menutupi tubuhnya. Tapi tetap aja ada yang punya bulu panjang.


Warna pada bulu kucing scottish fold ibarat :



  • Hitam

  • Putih

  • Coklat

  • Cameo

  • Krem

  • Biru


Untuk contoh warna, dapat :



  • Tabby

  • Tricolor

  • Bicolor

  • Smoke

  • Shaded

  • Solid

  • Spots


4. Bentuk ekor


Standar untuk kucing scottish fold ini ialah mempunyai ekor dengan bulu yang sedang atau dapat panjang yang menyesuaikan dengan bulu tubuhnya.


5. Bentuk badan


Kucing scottish fold yaitu jenis kucing domestik yang ukurannya sedang dan mempunyai bentu Kucing Scottish Fold
Bentuk Kucing Scottish Fold yang Bulat. via : vetstreet.com


Badan berukuran sedang dan kalau kita lihat-lihat terlihat lingkaran ya. Umumnya untuk pejantan kucing scottish fold beratnya 4-6 kg. Untuk betina, beratnya 2.7-4 kg.


Kaki dari kucing ini biasanya berukuran sedang atau pendek.


Sifat Kucing Scottish Fold


1. Penyayang


Salah satu sifat scottish fold yang menonjol yaitu sifat penyayangnya, ia juga termasuk kucing yang bersahabat, perhatian, dan tentunya sangat mencintai pemiliknya.


Ia sangat suka bila diberi perhatian dan kasih sayang oleh pemiliknya,  bila anda memberi perhatian dan kasih sayang pada scottish peliharaan anda maka ia akan membalasnya 2 kali lipat.


2. Praktis bergaul


Kucing scottish juga yaitu jenis kucing yang tidak problem bila ia harus hidup dengan jenis kucing lainnya di kawasan yang sama.


Misalnya anda memelihara kucing ras scottish sekaligus dengan jenis ras lainnya, maka anda tak khawatir ia akan cemburu pada kucing lainnya yang juga hidup di rumah yang sama.


3. Aktif


Kucing scottish sangat suka bermain di luar ruangan, ia juga tidak suka bila harus mendekam terus di dalam ruangan.


Kucing ras yang satu ini merupakan jenis kucing yang aktif, dan sangat suka bergerak. Jika ia bermain di luar ruangan maka ia dapat lebih bebas bergerak ke sana kemari.


4. Pintar


Kucing scottish dianggap sebagai kucing yang mempunyai intelegensi tinggi dibanding dengan jenis kucing ras lainnya.


Keunikan Kucing Scottish Fold


Kucing scottish fold yaitu jenis kucing domestik yang ukurannya sedang dan mempunyai bentu Kucing Scottish Fold
Kucing Scottish Fold Punya Banyak Keunikan. via : https://besthqwallpapers.com/


Lalu bagaimana dengan karakteristik kucing scottish fold tersebut, karakteristiknya diantara yaitu sebagai berikut :


1. Ia mempunyai temperamen yang ramah dan hening dan juga dapat mengikuti keadaan dengan jenis kucing lainnya di dalam suatu rumah.


2. Scottish juga termasuk kucing yang cerdas dan bahagia bila diajak bermain, kucing scottish remaja bahagia berada di luar rumah dan lebih bahagia bermain di luar rumah dibandingkan di luar rumah.


3. Scottish sangat tidak suka dengan kesepian, bila ia berada di kawasan yang sepi maka ia akan tertekan dan stress.


4. Ciri khusus dari socttish fold ini yaitu tidur dengan posisi telentang, sedangkan keunikannya yaitu bunyi mengeongnya yang sangat lemah lembut.


5. Vokal dan bunyi dengkurannya ketika tidur pun berbeda dengan kucing lainnya.


6. Tingkah laris socttish fold yang umum terjadi yaitu ia sangat sering duduk dengan pecahan kaki belakangnya telentang, sedangkan pecahan kaki depannya berada di perut mereka. Posisi ini sering disebut dengan posisi budha.


Harga Kucing Scottish Fold


Harga kucing scottish fold ini terbilang sangat mahal, walaupun harganya cukup bervariasi dan tidak ada harga niscaya pada seekor binatang.


Tetapi harga rata-rata kucing yang masih berusia 3 bulanan harganya dapat mencapai 3 hingga 6 juta rupiah.


Sedangkan bagi kucing scottish remaja biasanya harganya lebih mahal lagi yaitu sekitar 6 hingga 9 juta rupiah.


Harga tersebut tetapi dipengaruhi oleh kondisi dari kucing itu sendiri, semakin baik kondisinya apalagi bila penampilannya lucu dan menggemaskan maka harganya pun akan semakin mahal.


Kondisi lainnya pada kucing ras ini dapat dilihat dari vaksinasi, akta dan lain sebagainya. Karena mengadopsi kucing scottish ini juga memerlukan sertifikat.


Cara Merawat Kucing Scottish Fold


Kucing scottish fold yaitu jenis kucing domestik yang ukurannya sedang dan mempunyai bentu Kucing Scottish Fold
Perawatan Kucing Scottish Fold tidak Ribet. via : lacarmina.com


Kucing scottish yaitu kucing yang unik dan berbeda dengan kucing lainnya, dengan ciri fisik yang lebih lucu dan menggemaskan menciptakan kucing ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal.


Sehingga anda juga harus terpelajar bagaimana cara merawat kucing scottish foldtersebut, jangan hingga sembarangan dalam memberi pakan dan perawatan tubuhnya.


1. Memberinya kasih sayang


Memelihara seekor kucing ras bukan diberi makan dan minum saja, tetapi kucing ras juga harus diberi kasih sayang.


Apalagi kucing scottish merupakan jenis kucing yang mempunyai sifat penyayang, sehingga anda pun harus memberinya perhatian dan kasih sayang berlebih.


2. Memberi masakan dan minuman yang sesuai


Pastikan anda sudah memberi kucing scottish foldini masakan dan minuman yang sesuai dengan usianya. Ada banyak jenis masakan kecil khusus untuk anak kucing dan kucing dewasa.


3. Melakukan grooming dan vaksin


Penampilan kucing yang lucu harus diseimbangkan dengan perawatan groomingnya semoga bulunya tetap terawat, dan pemberian vaksin semoga ia selalu sehat.



Post a Comment

0 Comments