Bulu Kucing Rontok

Cara mengatasi bulu kucing rontok? Bulu merupakan belahan penting untuk hewan, terutama kucing. Bulu memiliki banyak sekali fungsi, menyerupai mempercantik si kucing dan sanggup menghangatkan tubuhnya.


Contoh saja menyerupai bulu kucing persia, bulunya yang panjang dan lebat membuatnya semakin elok dan lucu kalau lama-lama dipandang.


Tapi kalau bulu kucing persia rontok bagaimana? Duh, kita harus tahu cara mengatasi bulu kucing rontok nih.


Bulu kucing yang rontok, niscaya akan sangat menyebalkan untuk mereka maupun untuk kita. Bulu kucing sanggup rontok dan tercecer di baju atau lantai, terus bisa-bisa bulu kucing botak! Eh jangan sampai.


Sebenarnya hal itu biasa aja, cuman tetap aja menyebalkan. Untuk kucing yang berumur 4-5 bulan mengalaminya, alasannya dikala itu terjadi pergantian bulu.


Tapi kalau rontoknya parah jangan dianggap sepele, coba baca bahaya bulu kucing untuk manusia.


Supaya kita tahu cara mengatasi bulu kucing yang rontok, KucingPedia memiliki info wacana penyebab bulu kucing rontok dan cara mengatasi bulu yang rontok pada kucing.




Penyebab Bulu Kucing Rontok


 Bulu merupakan belahan penting untuk binatang Bulu Kucing Rontok


kenapa bulu kucing rontok ya? via : www.justanswer.com


Kenapa bulu kucing rontok? Ada beberapa penyebab atau alasan bulu kucingmu rontok, diantaranya sebagai berikut :



  • 1. Memang waktunya


Sudah disinggung sebelumnya kalau pada waktu tertentu kucing akan mengalami kerontokan bulu, ini normal. Biasanya setahun sekali kucing akan mengalami kerontokan bulu yang banyak namun akan cepat berganti dengan bulu baru.


Kucing betina yang sedang birahi maupun hamil juga rentan mengalami kerontokan. Coba baca deh: Tanda-tanda Kucing Hamil.


 



  • 2. Kekurangan Gizi


Biasanya yang ini kita cuek-cuek aja nih, tapi ini sanggup nyebabin si kucing bulunya rontok. Penyebab bulu rontok pada kucing salah satunya kekurangan vitamin A, E, Protein dimana nutrisi tersebut sangat diharapkan dalam pembentukan bulu kucing.


 



  • 3. Vitamin yang berlebih


Terkait: Harga Vitamin Kucing


Tadi kekurangan, yang satu ini kalau kelebihan. Iya sih vitamin penting buat kesehatan si kucing. Tapi kalau kelebihan atau overdosis, bisa-bisa doping dia. Hehe maksudnya sanggup terjadi kerontokan bulu, kulit kering, mengelupas dan berkerak.


Jadi usahain berikan secukupnya saja ya.


 



  • 4. Salah pilih produk mandi


Kalau yang satu ini kau harus teliti ya. Biasanya produk mandi yang sering kita gunakan untuk kucing yaitu shampo. Jika kita memandikan kucing dengan shampo yang tidak cocok nantinya bulu kucing akan rontok.


Kemudian jangan pilih produk shampo kucing yang busanya banyak, seringkali ditemukan kadar detergen yang tinggi.


Bisa-bisa kulit kucing kita iritasi dan bulunya tambah rontok. Anggun C Sasmi aja kalau udah cocok gak mau ganti yang lain, jadi pilih shampo yang cocok ya. Rekomendasi shampo dari banyak pecinta kucing: Shampo Kucing yang Bikin Bulu Tidak Rontok.


 



  • 5. Alergi


Alergi merupakan salah satu penyebab bulu kucing rontok, walau bukan penyebab utama namun terdapat pemicu yang serius contohnya dari obat, vaksin yang salah, benalu bahkan dari makanan kucing. Kalau udah kayak gini eksklusif dibawa ke dokter binatang terdekat.


 



  • 6. Suhu


Hampir sama menyerupai nomor 1, ini sudah waktunya dan memang wajar. Fungsi utama dari bulu kucing yaitu sebagai pengatur suhu badan.


Saat animo dingin bulunya yang lebat akan menghangatkan tubuhnya, lalu dikala animo sedang panas bulunya akan rontok supaya ya enggak kepanasan.


 



  • 7. Kutu dan Pinjal


Ektoparasit yang satu ini sukanya bermukim di bulu dan kulit. Mereka mengambil nutrisi tubuh yang ada di kucing lewat kulit, nutrisi diambil otomatis bulunya akan rontok.


Nutrisi tersebut dipakai untuk menjaga kesehatan bulu kucing tapi malah diserap sama si parasit.


Wajib baca : Penyebab dan Cara Menghilangkan Kutu Kucing.


 



  • 8. Tungau


Tungau yang menjadikan rontoknya kucing ialah si demodex dan scabies. Hampir sama menyerupai Kutu dan Pijal, tapi si tungau ini sanggup menciptakan terowongan-terowongan kecil yang sanggup dilihat menyerupai lubang pada kulit kucing.


Biasanya kalau sudah terlanjur menyerupai ini kulitnya sanggup jerawat dan bulunya sanggup rontok.


 



  • 9. Jamur


Bulu kucing yang panjang akan rentan terkena jamur apabila kondisinya lembab. Akibatnya bulu akan rontok.


 



  • 10. Pengobatan


Biasanya sehabis kucing mendapat pengobatan tertentu bulunya akan mengalami kerontokan.


 



  • 11. Stres


Mungkin paling sering alasannya ini. Kucing kalau udah stres, pembuluh darah yang berfungsi mengirimkan nustrisi ke seluruh tubuh sanggup macet sehingga kucing tidak berangasan dan bulunya akan rontok.


 


Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok


 Bulu merupakan belahan penting untuk binatang Bulu Kucing Rontok
cara mengatasi bulu kucing rontok agar lebat kayak gini, via : www.buzzfeed.com


Jika kau sudah tahu kenapa bulu kucing rontok, kini tinggal kau mencar ilmu cara mengatasi bulu rontok pada kucing.



  • 1. Biarkan dan rawat menyerupai biasa


“Lho kok gitu?” Untuk beberapa penyebab menyerupai sudah musimnya, sewaktu kucing hamil atau birahi, sehabis pengobatan sebaiknya tetap rawat menyerupai biasa. Jangan diambil pusing.


 



  • 2. Berikan mainan dan buat ia nyaman


Jika kucingmu stress, berikan mainan khusus kucing. Kalau kucingmu senang, bulunya gak rontok tentu sanggup membuatmu gak stres kan. Hehe.


 



  • 3. Ganti produk yang cocok


Entah itu produk makanan, produk buat mandi atau produk kucing yang bekerjasama eksklusif dengan badannya.


Jika tidak cocok eksklusif ganti aja, tapi dengan konsultasi tanya ke yang hebat ya.


 



  • 4. Memandikan si kucing


Dengan perawatan menyerupai memandikan kucing secara rutin sanggup mengatasi bulu kucing rontok. Memandikan kucing ampuh untuk membasmi parasit, tungau, jamur, basil yang sanggup mensugesti kesehatan bulu kucing.


Jika kau pengen tahu cara tepatnya,kamu sanggup baca cara memandikan kucing di rumah sendiri


.



  • 5. Beri vitamin


Ingat, beri vitamin dalam batas wajar. Hanya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatannya saja. Jangan hingga kucing doping, hehe.


 



  • 6. Menyisir Bulu Kucing


Menyisir bulu kucing banyak keuntungannya lho menyerupai :



  • Untuk melancarkan metabolisme tubuh kucing yang nantinya berdampak bagus untuk kulit, menyerupai pijet gitu

  • Bisa menyingkirkan kutu dan tungau kalau pake sisir khusus

  • Hubungan emosional kau dan si empus sanggup makin dekat


Dari banyak sekali manfaat itu tentunya sanggup untuk mengatasi bulu rontok pada kucing dan mencegah rontok kembali.


 



  • 7. Obat bulu kucing rontok


Kamu sanggup memberinya obat bulu kucing rontok khusus kucing yang biasanya sanggup didapetin di Pet Shop. Gunakan secukupnya saja ya


Untuk mengatasi bulu kucing yang rontok kau harus paham dengan yang menyebabkannya. Setelah kau tahu, kau sanggup mengatasinya deh. Tapi kalau kau masih ragu untuk mengatasi bulu kucing rontok, sebaiknya kau bawa aja kucingya ke dokter untuk lebih baiknya. Semoga cara mengatasi bulu kucing rontok sanggup kau praktekkan 🙂



Post a Comment

0 Comments